fbpx

Apakah Anak Yatim Boleh Menerima Zakat ?
Siapa Sajakah Yang Berhak Menerima Zakat ?
Penasaran Kan Sahabat Sama Jawabannya
Yuk Simak Penjelasannya Di bawah ini

Allah ta’ala telah menjelaskan delapan golongan penerima zakat.
Allah berfirman, “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan (ibnu sabil), sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah: 60) .

Pada ayat di atas, Allah tidak menyebut anak yatim sebagai salah satu penerima zakat.
Karena itu, kriteria yatim, bukan termasuk kriteria orang yang berhak menerima zakat .

Akan tetapi, jika ada anak yatim yang memenuhi salah satu dari kriteria di atas, misalnya, dia yatim fakir atau miskin, maka dia berhak menerima zakat, atas kefakiran atau kemiskinannya.

Imam Ibn Utsaimin ditanya, apakah anak yatim berhak menerima zakat?
Jawab beliau, “Anak yatim yang miskin, berhak menerima zakat. Jika Anda menyerahkan zakat Anda kepada pengurus anak yatim miskin ini, zakat Anda sah, apabila pengurus ini adalah orang yang amanah…” (Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin, 18/346) .

Adapun Panti Yatim Indonesia yang telah resmi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019 telah meyalurkan dana Zakat,Infaq dan Sedekah kepada lebih dari 4.000 penerima manfaat.

Donasi yang Sahabat amanahkan, telah kami salurkan kepada yang berhak mendapatkannya melalui beberapa program Panti Yatim Indonesia, diantaranya yakni Program Yatim Happy, Yatim EduCare dan Yatim Syar’i.

Sahabat bisa menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakafnya ke kantor layanan donasi, asrama terdekat, No.Rekening Donasi atau melalui layanan jemput donasi

No. Rekening Donasi
BCA : 2828 555 222
Mandiri : 132 0011 294 338

Informasi dan Konfirmasi
Silahkan Menghubungi,
Call Center : 081222244222
SMS/WhatsApp Center : 081221185555
– www.pantiyatim.or.id –