Untuk membiasakan sebuah aktifitas yang baik sehingga menjadi sebuah habit dalam kehidupan kita tentulah sangat dibutuhkan pembiasaan dan latihan yang ketat. Ramadhan sering kali diartikan bulan latihan yaitu latihan mendisiplin diri dalam segala hal mulai dari aktifitas jasmani hingga rohani sehingga menimbulkan efek yang positif baik dari kesehatan sampai ketaatan dalam menjalankan ibadah, untuk aktifitas jasmani ramadhan mengatur 2 kali waktu makan yaitu sahur dan buka, ketika selesai sahur ini akan diikuti aktifitas rohani yang akan membuat seorang menjadi terbiasa shalat tepat waktu dan tak ketinggalan membaca Al-Qur’an sebelum atau sesudah shalat, begitu juga dengan berbuka dilanjutkan dengan aktifitas yang membuat seorang muslim menjadi lebih dekat dengan Tuhannya, para wanita menjadi lebih menutup aurat, bermunculan para dermawan yang rela mengeluarkan hartanya untuk berbagi dengan siapa saja, suasana kehidupan menjadi jauh lebih tenang, harmonis dan rerligius tidak mudah marah sehingga kerukunan antar masyarakat terjalin begitu indah.

Ramadhan bulan latihan ini seyogyanya menjadi ajang latihan yang hasilnya adalah bila ramadhan telah berlalu tentulah seharusnya pembiasaan yang baik itu tidak lantas berhenti begitu saja, karena ibadah ramadhan yang mabrur itu adalah ketika segala kebiasaan yang meningkatkan kwalitas diri menjadi sebuah kebiasaan yang terus dilaksanakan hingga datangnya kembali ramadhan berikutnya sebagai carger utuk mengoptimalkan kembali daya ibadah kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sungguh sangat disayangkan bila setelah lebaran kebiasaan-kebiasaan baik mulai diabaikan lagi hingga akhirnya ditinggalkan, beruntung bila umur kita tiba lagi keramadhan berikutnya mungkin Allah memberi kesempatan pada kita untuk bertobat mohon pengampunan tetapi kita tak pernah tau apakah usia kita akan sampai pada ramadhan berikutnya? waalahu’alam

Maka dari itu mari kita tetap sama-sama menjadi hasil latihan ramadhan kemaren itu dengan terus berusa menambah ibadah kita:

  1. Menjaga Shaumnya dengan mulai memperbanyak shaum sunat
  2. tetap sedekah walau tak sebanyak bulan ramadhan
  3. tetap berusaha shalat tepat waktu
  4. biasakan sarapan dipagi hari untuk memberi energi pada tubuh sebelum beraktifitas
  5. dan hal-hal baik selama ramadhan janganlah lantas lagsung hilang setelah lebaran.

SEMOGA LATIHAN SELAMA SEBULAN ITU MEMBERI DAMPAK POSITIF TERHADAP KEHIDUPAN KITA DAN MEMBUAT DIRI KITA MENJADI INSAN YANG LEBIH BAIK SETERUSNYA….AAMIIN.