Pada saat ini zaman modern yang telah banyak maju dan berkembang baik dibidang ilmu pengetahuan, sosial dan teknologi, kesehatan menjadi faktor utama yang sangat penting. Dengan kesehatan yang maksimal kita bisaa melakukan apapun dengan baik, namun bila kesehatan terganggu apa yang akan terjadi? Banyak pekerjaan yang terbengkalai, kegiatan belajar mengajar menjadi terganggu, dan lain lain yang menyebabkan tingkat produktivitas kita menurun, bahkan efeknya menjadi sangat besar karna kita lengah terhadap kesehatan sendiri.

Namun, islam telah mengatur semua aspek kehidupan, termasuk kesehatan. Sungguh sangat mulia bukan, dari bangun tidur sampai tidur lagi ada adab dan do’a yang menyertainya, tapi kebanyakan kita sering lupa akan hal itu, pembiasaan kebiasaan yang baik perlu dilakukan agar menjadi sebuah kebaikan yang terus konsisten dan berdampak baik bagi diri kita.

Begitupun ibadah yang Allah perintahkan, ternyata berdampak besar bagi kesehatan kita, contoh kecilnya seperti shalat baik shalat fardhu ataupun shalat Sunnah lainnya atau juga puasa baik yang wajib atau yang sunnah, perintah Allah yang telah satu paket dengan nilai kesehatan yang terkait dengan perintah itu sendiri.

Tapi mengapa kita sering terbengkalai dengan kesehatan kita sendiri, tidur jadi nggak enak karna sering tidur larut malam, kemudian flu berat yang akhirnya mengurangi konsentrasi dalam bekerja atau belajar. Nah, inilah sebetulnya kebiasaan yang perlu dibangun, kebiasaan seperti apa? Kebiasaan yang baik yang mendatangkan hal hal baik yang akan mempengaruhi pembiasaan baik yang datang baik bagi dirinya maupun lingkungannya.

Bagaimana dengan orang yang sudah terlanjur punya kebiasaan yang kurang baik? Mulailah merubah dan mengganti kebiasaan kurang baik menjadi baik dan harus dilakukan saat ini dengan memaksakan kebiasaan baik terpola dalam hidupnya, karna hanya diri kita sendirilah yang dapat menyelamatkan hidup kita bukan orang lain, sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. Ar rad : 11, yaitu :

“Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Ar Ra’d : 13)

Begitupun dengan kesehatan, banyak yang rasulullah sampaikan berkenaan dengan pola hidup yang sehat dan menjadi pribadi yang memiliki karakter yang baik melalui pembiasaan yang dipola dengan baik yang dengannya kita bisa memicu nasib nasib baik berpihak pada kita.

Dari rasulullah SAW begitu banyak kebaikan yang hadir baik dalam dirinya dan juga orang terdekatnya yang bisa kita ambil contoh dan dijadikan suri tauladan untuk kita semua.

Mari gunakan waktu kita dengan hal hal baik dan positif! 🙂

Call 081222244222
Tanya Zakat / Infaq