“Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah, yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka.” (Qs. As-Sad : 27)

Sungguh Maha Besar Allah yang telah menciptakan segalanya. Dia yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya dan tiada pernah ada yang sia-sia. Semua berjalan sempurna diatas kehendakNya.

Kehidupan senantiasa memberikan kita pelajaran, baik disadari maupun tidak, bahkan hal terkecil mampu memberikan arti dengan sejuta maknanya. Cobalah untuk merenung sesaat, berfikir mengenai alam semesta beserta isinya. Mengapa harus ada gunung, sungai, lembah, hewan mamalia, hewan melata dan banyak lagi yang lainnya termasuk kita sebagai seorang manusia.

Disadari maupun tidak, kita semua pernah terlintas untuk bertanya meskipun hanya di dalam hati. mengenai tujuan dan manfaat terciptanya sesuatu, Mari kita ambil contoh dari seekor nyamuk, “Apa sih gunanya ?” bila kita berfikir dari sudut pandang yang tumpul bahwa nyamuk hanyalah seekor binatang yang merugikan, namun bila ditelaah lebih jauh manfaat seekor nyamuk sangatlah besar. Bayangkan bila nyamuk musnah maka akan ada banyak perusahaan obat nyamuk yang akan jatuh bangkrut dampaknya akan banyak para pekerjanya puluhan bahkan ratusan yang kehilangan penghasilan karna kehilangan pekerjaan. Masya Allah luar biasa bukan ? Sebagai manusia makhluk yang paling mulia yang Allah ciptakan dengan bentuk dan rupa sesempurna mungkin. Masihkah kita mengeluh atas potensi dan kemampuan yang telah Allah anugerahkan ?  Mulailah menyadari akan arti penting sebuah penciptaan, bahwasannya “Tak Pernah Ada Yang Sia-Sia” Jika kita mau memaksimalkan apa yang kita miliki.

Oleh : Nunik Nuraeni

Call 081222244222
Chat Whatsapp