TENTANG KAMI

Bismillahirahmanirrahim

Assalamu`alaikum wr.wb.

Di Seluruh Indonesia, jumlah anak terlantar saat ini mencapai 5,4 juta anak (data Kementrian Sosial RI, 2010). Mencermati dan menganalisa data tersebut, membawa kita pada kesimpulan bahwa pemeliharaan dan pendidikan anak terlantar adalah salah satu agenda yang memerlukan Prioritas penanganan pemerintah di masa yang akan datang.

Belajar dari pengalaman selama ini, target mengurangi angka anak terlantar memerlukan langkah strategis yang terkoordinasi dan terintegrasi serta harus menggunakan yang humanis. Disamping kewajiban yang melekat dengan tugas pemerintah, tugas komplementer berupa keterlibatan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan.

Panti Yatim Indonesia (PYI) di bawah Yayasan Al Fajr bertekad memberikan peran dan kontribusi aktif, beserta ribuan Panti Asuhan lainnya di seluruh Indonesia.

Panti Yatim Indonesia (PYI) berdiri pada tahun 1998, yang hingga kini telah menaungi anak-anak yatim dan anak-anak terlantar di berbagai daerah, memiliki visi menjadi pengelola panti asuhan terbaik dan professional serta mengajak masyarakat luas untuk terus berperan aktif.

Islam mendorong ummatnya untuk membantu dan memelihara anak-anak orang lain yang tidak mampu, miskin dan terlantar dalam arti mereka terpisah atau tidak diketahui orangtuanya, tetapi tidak diperbolehkan memutus hubungan dan anak-anak yang masih mempunyai orang tua kandung, karena pada hakikatnya mereka bukanlah anak terlantar sekiranya orang tuanya diselamatkan dari kemiskinan. Umat Islam memiliki potensi sumber dana yang besar yaitu Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf yang dapat didayagunakan untuk pembinaan kesejahteraan anak yatim dan terlantar di Indonesia.

Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Erwansyah

 

SEJARAH

Mengurangi angka anak terlantar memerlukan langkah strategis yang terkoordinasi dan terintegrasi. Disamping kewajiban yang melekat dengan tugas pemerintah, tugas komplementer berupa keterlibatan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan.

Berawal dari kesepakatan beberapa pedagang di lingkungan Pasar Induk Caringin Bandung Jawa Barat Indonesia , pada tahun 1998 tepatnya di Gang Porib III, RT 003/002 Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Babakan Ciparay Kota  Bandung, bermodal rumah kontrakan untuk menampung 4 anak yatim untuk disekolahkan, yang  sebelumnya tidur dan mencari makan di sekitar pasar tersebut.

Seiring dengan semakin bertambahnya anak yang di tampung, maka di buatlah lembaga formal pada tanggal 18 April 1998 yang diberi nama Nurul Ummah yang berarti Cahaya Umat, disepakati menjadi sebuah  Panti Asuhan di bawah naungan organisasi masyarakat Yayasan Al-fajr. Dibina langsung Dinas Sosial Kota Bandung dan bergabung dalam Forum  Komunikasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak  (LKSA)  Kota  Bandung.

Tahun  2009 ,  PSAA Nurul Ummah berganti nama menjadi Panti Yatim  Indonesia  (PYI)  dan  mengadakan perubahan manajemen, sistem pelayanan kepada anak asuh dan kepada donatur serta pembukaan beberapa cabang asrama di wilayah kota Bandung, dengan mengusung slogan Menyayangi Sepenuh Hati, kepercayaan donatur kepada kami semakin meningkat. hasilnya terjadi percepatan pembangunan organisasi menuju ke pada arah yang lebih profesionalisme untuk menjadi organisasi yang jujur, amanah dan terbuka.

Dengan mengusung visi menjadi pengelola panti asuhan terbaik dan profesional, saat  ini Panti Yatim Indonesia menangani lebih dari 4000 anak yatim didalam dan di luar asrama yang tersebar di pulau Jawa, melalui beberapa program pemberdayaan unggulan yang di selenggarakan secara berkala, Panti Yatim Indonesia bertekad menjadi lembaga yang amanah menangani anak yatim, dhuafa dan anak terlantar secara profesional.

 

LEGALITAS

Nama Lembaga       : Panti Yatim Indonesia
Nama Yayasan        : Al Fajr
Tahun Berdiri          : 18 April 1998
Lingkup Kerja          : Nasional

Badan Hukum

  1. Akta Notaris Pendirian : Dr. Wiratni Ahmadi, SH. Nomor 37-Tanggal 18 April 1998
  2. Akta Notaris Perubahan : Nuraini Ismiaty, SH. Nomor 02-Tanggal 20 Februari 2004
  3. SK, Menteri Hukum dan HAM Nomor : C-1071 HT 01.02 TH 2004
  4. SKT Kantor Sosial Bandung Nomor : 062/267 – DINSOS
  5. SK Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Nomor: 062/2447/ppsks/00/2009
  6. Rekomendasi MUI Bandung Nomor : 253/MUI-KBH/H/V/2007
  7. NPWP : 02.366.443.6-422.000
  8. MUI jabar : 495/Rek/MUI-JB/VII/2009
  9. Akte Kepengurusan : Nuraini Ismiaty, SH Nomor :  – Tanggal 1 Desember 2008

 

Management

Dewan Pembina : Dede Safrudin
Dewan Penasihat : KH Miftah Farid
Pengawas : Erwansyah
Ketua Yayasan : Budiyono
HRD & Personalia : Beben Sobana
Manager Finance : Wendi P
Manager Fundraising : Tomi Irawan
Manager Empowering : Syarif Hidayat

 

BUDAYA ORGANISASI

1. Ibadah
Segala aktivitas yang diselenggarakan dalam Yayasan Al Fajr – Panti Yatim Indonesia dijiwai oleh semangat untuk beribadah kepada Allah swt. dan mengharap keridlaan-Nya.

2. Profesional
Aktivitas Yayasan Al Fajr – Panti Yatim Indonesia dirancang dengan cermat, diselenggarakan secara detail, selesai dilaksanakan dengan tuntas dan berhasil tercapai tujuannya dengan baik.

3. Kualitas
Aktivitas Yayasan Al Fajr – Panti Yatim Indonesia diselenggarakan untuk mencapai hasil dengan kualitas (mutu) yang sebaik-baiknya sesuai dengan standard jaminan mutu yang telah dinyatakan.

4. Prestasi
Seluruh komponen yang terlibat dalam aktivitas Yayasan Al Fajr – Panti Yatim Indonesia diharapkan mampu berprestasi setinggi mungkin di bidangya masing-masing.

5. Perbaikan
Seluruh komponen yang terlibat dalam aktivitas Yayasan Al Fajr – Panti Yatim Indonesia berusaha untuk melakukan perbaikan secara individual maupun tim demi suksesnya program-program organisasi.

7. Amanah
Seluruh komponen yang terlibat dalam aktivitas Yayasan Al Fajr – Panti Yatim Indonesia berusaha menjaga segala bentuk amanah yang disampikan sehingga dapat dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat.

 

Call 081222244222
Tanya Zakat / Infaq