Tentang Panti Yatim Indonesia

logopyi

Bismillahirahmanirrahim
Assalamu`alaikum wr.wb.

Di Seluruh Indonesia, jumlah anak terlantar saat ini mencapai 5,4 juta anak (data Kementrian Sosial RI, 2010). Mencermati dan menganalisa data tersebut, membawa kita pada kesimpulan bahwa pemeliharaan dan pendidikan anak terlantar adalah salah satu agenda yang memerlukan Prioritas penanganan pemerintah di masa yang akan datang.

Belajar dari pengalaman selama ini, target mengurangi angka anak terlantar memerlukan langkah strategis yang terkoordinasi dan terintegrasi serta harus menggunakan yang humanis. Disamping kewajiban yang melekat dengan tugas pemerintah, tugas komplementer berupa keterlibatan dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan.

Panti Yatim Indonesia (PYI) di bawah Yayasan Al Fajr bertekad memberikan peran dan kontribusi aktif, beserta ribuan Panti Asuhan lainnya di seluruh Indonesia.

Panti Yatim Indonesia (PYI) berdiri pada tahun 1998, yang hingga kini telah menaungi anak-anak yatim dan anak-anak terlantar di berbagai daerah, memiliki visi menjadi pengelola panti asuhan terbaik dan professional serta mengajak masyarakat luas untuk terus berperan aktif.

Islam mendorong ummatnya untuk membantu dan memelihara anak-anak orang lain yang tidak mampu, miskin dan terlantar dalam arti mereka terpisah atau tidak diketahui orangtuanya, tetapi tidak diperbolehkan memutus hubungan dan anak-anak yang masih mempunyai orang tua kandung, karena pada hakikatnya mereka bukanlah anak terlantar sekiranya orang tuanya diselamatkan dari kemiskinan. Umat Islam memiliki potensi sumber dana yang besar yaitu Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf yang dapat didayagunakan untuk pembinaan kesejahteraan anak yatim dan terlantar di Indonesia.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Erwansyah