fbpx


Mang Uha, Sang Manusia Gorong – Gorong Dapatkan Hadiah Tahun Baru

Jagat Maya tengah di hebohkan atas aksi heroik yang dilakukan oleh salah seorang warga Cicadas Bandung, betapa tidak?
Nampak dalam video berdurasi 1 menit yang tersebar luas di Instagram memperlihatkan sosok manusia gorong gorong yang akrab disapa Mang Uha oleh warga sekitar, memiliki cara yang tak biasa untuk membersihkan saluran air yang tersumbat.

Jika biasanya kita akan menggunakan alat tertentu untuk menangani saluran air yang mampet, berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Mang Uha dan sahabat karibnya Mang Uho. Saat hujan tiba, saluran air yang penuh oleh sampah akan meluap hingga ke jalan utama, Mang Uha dengan sigap melompat ke saluran gorong gorong sedalam 4 meter hanya untuk mengambil tumpukan sampah yang menjadi penyebab tersumbatnya saluran air.
Cara tak biasa Mang Uha yang rela menyelam saluran gorong – gorong, berjibaku dengan air kotor serta tumpukan sampah membuatnya di juluki Manusia Gorong – Gorong oleh warga.

Saat ditemui oleh tim di kediamannya yang berada di Jl. Asep Berlian Gg.H Syarkoni Cicadas Kota Bandung beliau mengungkapkan bahwa aksi heroiknya ini sudah dimulai dari tahun 2016 dan semata mata hanyalah untuk kepentingan bersama serta atas dasar sukarela.

Saat sesi wawancara beliau mengungkapkan alasan terbesar dari aksi viralnya ini,
“kalo air meluap kan warga yang mau shalat jadi terkena najis air selokan, janten abdi sanes hoyong viral nanging hoyong ngabersihan ieu gorong gorong supados bersih, supados lancar, supados Bandung tiasa kengeng deui Juara.”

Atas aksi viralnya ini Lembaga Amil Zakat Nasional Panti Yatim Indonesia ikut memberikan hadiah kecil berupa parcel untuk Mang Uha dan Mang Uho sebagai hadiah tahun baru untuk beliau dan keluarganya.
Di akhir pertemuan kami dengan Mang Uha beliau menitipkan pesan untuk wargi Bandung agar tidak membuang sampah sembarangan, mari kita cintai negeri ini dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
Dari aksi Mang Uha yang tengah viral tersebut beliau memberikan pesan penting kepada kita semua bahwa siapapun bisa memberikan memberikan dampak perubahan terbesar bahkan dengan langkah sekecil apapun. Jadi, jangan ragu untuk selalu berbuat kebaikan dimanapun dan kapanpun.

 

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?