fbpx
Home » Artikel » Bolehkah Qurban Sapi Secara Patungan, Tetapi Pesertanya Tidak Sampai Tujuh Orang?

Bolehkah Qurban Sapi Secara Patungan, Tetapi Pesertanya Tidak Sampai Tujuh Orang?

by | Jun 13, 2023 | Artikel, Dalil, Kegiatan dan Program | 0 comments

Berqurban merupakan salah satu bentuk ibadah dan penghambaan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala. Kurban berasal dari bahasa Arab, ‘Qurban‘ yang berarti dekat (قربان). Kurban juga lazim disebut sebagai al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang artinya binatang sembelihan.

Binatang tersebut bisa meliputi kambing, sapi, kerbau, ataupun unta. Penyembelihan sendiri dilaksanakan pada hari raya Idul Adha maupun hari-hari tasyriq dengan tujuan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini adalah menunaikan shalat (idul Adha), kemudian pulang lalu menyembelih hewan kurban”. (HR. Bukhari).

Hukum berkurban ialah sunah muakkad atau sunah yang sangat dianjurkan. Namun bagi yang meninggalkannya padahal mampu, maka hukumnya bisa menjadi makruh. Berkurban bisa dilakukan perorangan maupun kolektif. Khusus kurban secara kolektif berlaku untuk binatang sapi, kerbau maupun unta.

Yuk Tunaikan Qurban Anda di Laznas PYI

Adapun jumlah orang untuk kurban kolektif yang disepakati para ulama ialah tujuh orang untuk seekor sapi. Sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْبَقَرَةُ عَنْ سَبْعَةٍ ، وَالْجَزُورُ عَنْ سَبْعَةٍ

“Sapi untuk tujuh orang, dan unta untuk tujuh orang,” (HR. Abu Daud).

Sedangkan dalam riwayat lain, Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu berkata:

نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ ، وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ .

“Kami berkurban bersama Rasulullah pada tahun perjanjian Hudaibiyah dengan badanah (unta gemuk) untuk tujuh orang, dan sapi juga untuk tujuh orang.” (HR. Muslim).

Kesimpulan yang bisa kita peroleh, bahwa sapi qurban maksimal dari 7 orang. Karena ini batas maksimal maka boleh kurang dari 7 orang. Sebagaimana seseorang juga dibolehkan berqurban sapi sendirian, tanpa iuran.

Yuk Tunaikan Qurban Anda di Laznas PYI

Tunggu apalagi! Mari daftarkan diri Anda sekarang dan jangan lewatkan kesempatan ini untuk beramal sekaligus meraih pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Hubungi nomor telepon PYI yang tertera di website kami dan jadilah bagian dari kebaikan yang membawa manfaat bagi sesama. Klik DISINI.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?