(022)-5401-334 mail@pantiyatim.or.id
Home » Artikel » Jangan Galau, Allah Bersama Kita!!

Jangan Galau, Allah Bersama Kita!!

by | Mar 4, 2021 | Artikel, Dalil, Motivasi | 0 comments

“Galau!!” kata yang sangat Populer zaman sekarang, bukan hanya ABG saja tapi, orang tua atau muda pasti pernah merasa galau. Banyak hutang galau, belum punya pasangan galau, belum dikasih momongan galau, belum gajian lebih galau. Semuanya bisa membuat kecemasan, jiwa kosong, hidup merana. Karena manusia adalah makhluk yang sering dilanda kecemasan, bukan hanya kita saja yang sebagai manusia biasa, bahkan Rasulullah Saw pun pernah mengalami kegalauan dimasa-masa kenabiannya.

“Bergembiralah!!” Hadapi semua masalah dengan senyuman, tidak ada gunanya kita bersedih hati, karena apa yang kita miliki dan dapatkan hanyalah titipan Allah semata.

Allah Swt Berfirma:

….لَا تَحۡزَنۡ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَاۖ….. ٤٠

“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”(Qs. At-Taubah :40).

Seringkali kita berputus asa tatkala mendapatkan kesulitan atau cobaan. Ketika kesedihan datang, ketika kesempitan hidup melanda, ketika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Janganlah bersedih, karena roda kehidupan selalu berputar. Kita harus melewati hujan dan panas untuk melihat pelangi, Allah Swt selalu memberi apa yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan. Allah Swt telah berjanji bahwa dibalik kesulitan, pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Dan Allah tak akan membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya.

Dalam Al-Quran Allah Swt berfirman:

فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا  ٥

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. (Qs. Al-Insyirah:5)

وَلَا نُكَلِّفُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ وَلَدَيۡنَا كِتَٰبٞ يَنطِقُ بِٱلۡحَقِّ وَهُمۡ لَا يُظۡلَمُونَ  ٦٢

“Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya.” (Qs. Al-Mu’minun:62)

Kebanyakan orang yang selalu Galau dan hidup dalam kecemasan adalah mereka yang terlalu banyak waktu senggangnya dan sedikit aktivitasnya. Maka hendaknya perbanyaklah aktivitas, bekerja, membaca Quran, bertasbih, silaturahmi. Gunakan waktu sebaik-baiknya dan jangan biarkan ada satu menitpun yang terbuang sia-sia. Karena saat jiwa kita kosong niscaya kegalauan, keresahan, godaan, dan bisikan setan akan mudah menyelinap dalam tubuh.

Mau tau Tips mengatasi KEGALAUAN?

Berikut beberapa tips mengatasi kegalauan:

  • Sabar

Sabar adalah kunci dari semua permasalahan, dengan bersabar jiwa dan akalpun bisa berfikir dengan tenang.

Allah Swt berfirman:

……إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ ١٥٣

“Sesungguhnya Allah Bersama Orang-orang yang sabar”(Qs Al-Baqarah:153)

  • Curhatlah kepada Allah Swt

Ketika seseorang menghadapi persoalan yang sangat berat, maka sudah pasti akan mencari sesuatu yang dapat dijadikan tempat mengadu dan mencurahkan isi hati yang telah menjadi beban baginya selama ini. Allah sudah mengingatkan hambanya di dalam ayat yang dibaca setiap muslim minimal 17 kali dalam sehari:

إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ  ٥

“Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan”(Qs. Al-Fatihah:5)

  • Positif Thinking

Berfikirlah positif dari setiap permasalahan yang terjadi, ambil hikmah dari semua kejadian. Karena Allah Swt tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

..ۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ  ٢٨

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram”(Qs. Ar-Ra’du:28)

Dengan memperbanyak aktivitas maka sedikit waktu luang untuk kita mengosongkan jiwa yang dapat menumbuhkan perasaan cemas, galau, dan keresahan.

Demikian Tips untuk mengusir kegalauan, Tetaplah tersenyum dan bersyukurlah karena masih banyak orang yang nasibnya lebih buruk dari kita, seperti Saudara kita di Palestina, Rohingya, dan belahan dunia lainnya.

“Hidup Selalu berjalan meski terkadang hati tak menginginkan, maka dekatkanlah dirimu dengan-Nya kerena Alla maha mengetahui segala yang engkau butuhkan”.

Waallahu A’lam Bishawwab.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.