(022)-5401-334 mail@pantiyatim.or.id
Home » Artikel » Keutamaan Hari Raya Idul Fitri, PYI: Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin

Keutamaan Hari Raya Idul Fitri, PYI: Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin

by | May 12, 2021 | Artikel, Dalil, Fakta dan Realita, Kegiatan dan Program | 0 comments

Setelah berpuasa 1 bulan penuh, kita merayakan sebuah hari menuju kemenangan Idul Fitri namanya. Hari raya Idul Fitri ini memiliki beberapa keutamaan, yaitu:

  1. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim Sedunia.

Diriwayatkan, ketika Rasulullah dan para sahabat baru pulang dari salah satu perang besar, beliau berkata:”Kita baru saja melakukan suatu jihad kecil dan akan menghadapi jihad yang besar dan berat”. Para sahabat heran, karena mereka menyangka baru saja mereka melakukan perang yang sangat berat dan meminta banyak pengorbanan, lantas bertanya “Jihad apakah lagi ya Rasulullah”. Jawab Rasulullah: “Puasa, yaitu jihad memerangi hawa nafsu”.

       2. Mempererat tali silaturahmi

Hari Raya Idul Fitri dapat mempererat tali silaturahmi, karena pada selesai melaksanakan shalat Ied di Mesjid, dianjurkan umat muslim saling bermaafan sesama muslim. Yahh meskipun masih dimasa pandemi ini namun tidak menghalangi kita untuk saling memaafkan sesame muslim. Tapi ingat! Demi menghindar penyebaran Virus COVID-19 kita harus terus menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan

      3. Iblis menjerit kesakitan saat Idul Fitri

Kata Wahb bin Munabih salah seorang pemuka Tabi’in dan ahli dalam bidang sejarah.

“Sesungguhnya iblis menjerit tepat pada hari raya”.

Dan anak buah iblis berkumpul dan bertanya:

“Ya tuanku, apa yang menyebabkan kamu menjerit dan marah”.

Jawabnya: “Sungguh Allah Swt mengampuni umat Muhammad Saw di hari ini. Maka kalian harus menyibukkan mereka dengan kenikmatan dan kesenangan nafsu”.

Kata Wahb juga:

“Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala menciptakan surga pada hari raya idul fitri, memilihkan jibril ketika menurunkan wahyu dan menerima tobatnya para tukang sihir Fir’aun”.

“Saat tabuhan bedug bergantian, dan Alunan Takbir Bersahutan, Saat itu juga kita tak bisa berpandangan dan juga tak saling berjabat tangan. inilah hari kebahagiaan yang penuh dengan kesucian, hari kemenangan untuk saling memaafkan.

Kami segenap Keluarga Besar LAZNAS PYI Yatim dan Zakat mengucapkan, Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, “Semoga Allah menerima amal-amal kami dan kamu, Puasa kami dan kamu. Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk dari orang-orang yang kembali (dari perjuangan Ramadhan) sebagai orang yang menang” .

Minal Aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin, SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, mohon maaf lahir dan batin.

YUk Terus tebar kabaikan meskipun Ramadhan ini telah berakhir, dengan berbagi kebahagiaan bersama yang membutuhkan, caranya:

Klik “DISINI”

Semoga Allah melimpahkan Rahmat dan ampunan untuk kita semua, dan Allah pertemukan kita dengan Ramadhan yang akan datang, aamiin.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.