fbpx

Lembaga amil Zakat Panti Yatim Indonesia (PYI) meresmikan sumur bor guna membantu warga sekitar asrama PYI Yatim dan Zakat. Kopo Permai Kecamatan Babakan Ciaparay Bandung, Senin (07/09/2020). Sumber air di Kawasan tersebut dimanfaatkan asrama yatim, pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM), serta warga sekitar yang membutuhkan.

Tedi selaku Manager pemberdayaan PYI Yatim dan Zakat mengatakan, tinggi sumur bor di sekitar asrama kopo permai asalnya hanya tujuh meter, namun kondisi air masih kurang jernih, kamipun menggali hingga berada di ketinggian 15 meter.

“Peresmian ini sekaligus simbolis program bantuan air bersih yang direncanakan akan ada sepuluh titik sumur bor di pelosok negri guna mengurangi beban masyarakat yang kekurangan air bersih” ujarnya.

Sistem yang digunakan untuk distribusi, melalui pemasangan pipa air secara gravitasi. Pemasangan seperti ini, digunakan pula untuk penyediaan air bersih pedesaan yang menjadi sasaran kami. Disamping pemasangan pompa, pembangunan sumur bor dan pembangunan terminal air. “Untuk pemeliharaan air bersih pedesaan, masing-masing diserahkan ke Pemerintah setempat sebagai koordinator”, lanjutnya.

Tedipun menyampaikan terimakasih kepada para donatur yang telah berpatisipan dalam program ini. Iapun berharap, semoga dengan adanya program bantuan air bersih ini lebih banyak para dermawan yang terus membantu dan mendukung program yang kami jalankan. Dan iapun sangat berharap penerima manfaat lebih nyaman menggunaka air yang tersedia diwilayahnya.

“Sebelum adanya sumur bor ini, terkadang air yang kami gunakan masih tercium bau yang tak sedap disebabkan sumur yang kurang kedalamannya. Sumur yang kurang dalam tersebut disebabkan kurangnya biaya untuk memperdalam serta pembelian mesin air guna melancarkan saluran air yang kami gunakan. Ujar Asep selaku penduduk sekitar.

Alhamdulillah setelah adanya program bantuan air bersih dari PYI Yatim dan Zakat sumur yang tersedia diwilayah kami sudah stabil baik kedalamannya maupun alirannya.terimakasih kami kepada PYI Yatim dan Zakat yang telah membantu kami mengatasi kekurangan air bersih di lingkungan kami hingga air yang kami gunakan tidak tercium bau yang tak sedap serta air yang kami gunakan lancar”, ujarnya.

Dibuat Oleh : Public Relation PYI (MARKOM)

Narasumber : Tedi (Manager Pemberdayaan PYI Yatim dan Zakat)

Asep (Warga Penerima Manfaat Sumur Bor)