fbpx

butterfly

PERUBAHAN adalah sebuah kata yang menuntun manusia pada kondisi lain yang berbeda dengan sebelumnya, bagi manusia perubahan sangat mutlak diperlukan karena manusia harus bersikap dinamis bukan statis contoh perubahan yang mutlak bagi manusia adalah :perubahan bentuk tubuh (Fisik) dari janin tumbuh menjadi bayi, dan terus tumbuh hingga akhirnya sampai pada titik dimana tubuh tak lagi mengalami proses perubahan atau kita katakana mati, dalam proses kehidupan juga perubahan sangat mutlak karena perubahan diperlukan untuk penunjang proses hidup manusia. Berbagai teori tentang perubahan bermunculan mulai dari teori perubahan benda sampai perubahan alam, dalam setiap teori para pencetus tidak lah asal mengungkapkan sebuah teori ,ada rentetan atau proses yang dilakukan untuk pembenaran dari teori tersebut.
Sebagai manusia mengadakan perubahan terhadap dirinya itu mutlak harus dilakukan oleh dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan hanyalah media atau pelengkap saja dalam proses perubahan tersebut seperti tertrulis dalam Al-qur’an

إنَّ اللهَ لا يُغَيّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّى يُغَيّرُوْا مَا بِأنْفُسِهِمْ
“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’ad ayat 11)

perubahan itu perlu. Kita tidak bisa meminta dunia untuk berubah ke arah yang kita mau, tetapi KITA bisa menentukan arah perubahan kita sendiri. Perubahan memiliki efek psikologis yang sangat besar kepada pikiran manusia. Untuk mereka yang takut akan perubahan, perubahan tersebut terasa menjadi ancaman karena dengan perubahan ada kemungkinan segala hal menjadi lebih buruk lagi. Tetapi bagi mereka yang berani dan percaya diri, adanya suatu perubahan justru menyenangkan dan memberi inspirasi karena di situ ada kesempatan untuk membuat segala sesuatu lebih baik lagi , Kita bisa mendapat lebih dari yang sudah kita punya, karena setiap dari kita memiliki kemampuan untuk menjadi lebih dari diri kita yang sekarang.

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?