fbpx

Sehat adalah hak setiap orang. Menurut WHO sehat merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sedangkan menurut UU No. 23/1992 tentang kesehatan, sehat merupakan suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Panti Yatim Indonesia, dibawah naungan Yayasan Al-Fajr mempunyai Program Yatim Dhuafa Sehat, yang terdiri dari:

Program Khitanan Massal
Program rutin tahunan khitanan massal untuk anak yatim dan dhuafa secara gratis, dengan tetap mengacu pada faktor kesehatan dan keselamatan. Diselenggarakan oleh tim medis yang berpengalaman, dan diperuntukkan bagi kalangan keluarga tidak mampu, anak yatim dan dhuafa.

Donasi untuk biaya khitanan + bingkisan per anak Rp 675.000,-.
Atau
Kolektif 5 Donatur/ anak Rp 135.000,-

Program Gizi Balita
Gizi menurut Sediaoetama, 1997 merupakan bahan dasar penyusunan bahan makanan yang mempunyai fungsi sumber energi atau tenaga, menyokong pertumbuhan badan, memelihara dan mengganti jaringan tubuh, mengatur metabolisme dan berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh.

Balita adalah bayi yang berada pada rentang usia 0-5 tahun. Pada usia ini otak anak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat yang dikenal dengan istilah masa keemasan (the golden age), dan pada masa ini harus mendapatkan stimulasi secara menyeluruh baik kesehatan, gizi, pengasuhan dan pendidikan. Istilah ini sudah sering di dengar dan di pahami oleh semua orang tua, karena mereka menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, tapi sedikit yang memanfaatkan peluang ini, karena mereka merasa pertumbuhan anak adalah proses alami yang akan terjadi dengan sendirinya tanpa dengan interpretasi orang tua atau siapapun.

Menyimak kasus gizi balita yang sering terjadi di Indonesia, Panti Yatim Indonesia tergerak untuk menjalankan program Gizi Balita dengan kunjungan ke Posyandu yang mempunyai akses kesehatan yang minim, dengan mengadakan penyuluhan, pemeriksaan kesehatan dan gizi balita juga pemberian makanan tambahan agar angka Gizi kurang ataupun Gizi buruk di kalangan menengah ke bawah khususnya anak yatim dan dhuafa dapat diperbaiki.

Program Bantuan Biaya Kesehatan
Biaya kesehatan yang mahal, akses layanan dan fasilitas kesehatan yang sulit didapatkan oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah menggerakkan Panti Yatim Indonesia untuk memfasilitasi bantuan biaya kesehatan untuk anak yatim dan dhuafa.

Donasi untuk bantuan biaya kesehatan Rp 1.000.000,-/anak.
Atau
Kolektif 5 Donatur/ anak Rp 200.000,-

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?