(022)-5401-334 mail@pantiyatim.or.id
Home » Artikel » Cara Mengatasi Rasa Sedih Dalam Hati

Cara Mengatasi Rasa Sedih Dalam Hati

by | Dec 18, 2021 | Artikel | 0 comments

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa sedih, perasaan tersebut muncul dipicu oleh berbagai macam faktor. Yang kita tahu, rasa sedih seringkali mengganggu dan terkadang membuat kita tidak produktif dalam bekerja.

Kesedihan atau nelangsa adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan.disaat sedih kita merasa kurang bersemangat untuk melakukan aktifitas dan selalu menarik diri atau menghindari kontak dengan orang lain.

Mengalami kesedihan adalah hal yang normal, bahkan dibeberapa kesempatan rasa sedih menunjukan tanda empati kita. Tetapi jika rasa sedih yang dialami, sering terjadi tidak boleh kita sepelekan.

Berikut adalah cara jitu untuk menghilangkan rasa kesedihan yang kita alami dengan cepat:

  1. Akui Kalau Anda Sedang Bersedih

Kebanyakan dari kita memasang senyum palsu dan pura-pura bahagia, bahkan secara terang-terangan menyangkal agar tidak dikasihani oleh orang lain.

Justru dengan kesedihan yang kita pendam bisa berbalik merugikan bagi fisik dan mental. Banyangkan dengan kesedihan yang terus kita pendam, lama kelamaan menumpuk jadi satu seperi bom waktu yang kapan saja bisa meledak. Tak hanya menghancurkan diri sendiri tetapi ledakan perasaan tersebut pada akhirnya dapat mengahancurkan orang lain disekitar kita.

Oleh karena itu, akuilah bahwasannya anda memang sedang bersedih setelah itu, anda bisa menyelesaikan hal yang membuat anda merasa sedih agar tidak menjadi beban.

  1. Beri Waktu

Penelitian menunjukan bahwa kebanyakan orang dapat pulih dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi setiap orang pasti memiliki waktu yang berbeda-beda untuk menghilangkan rasa kesedihan.

Menghibur diri dengan sesuatu yang anda sukai seperti melakukan hobi dapat mengisi mengalihkan perhatian sekaligus mengobati rasa sedih anda.

  1. Curhat Kepada Orang Yang Dipercaya

Tidak ada salahnya untuk curhat kepada orang yang anda percaya untuk mengurangi beban sekaligus meminta pencerahan atas masalah yang anda alami. Orang-orang yang peduli kepada kita pastinya akan berusaha untuk menghibur kita dan mengalih kan pikiran anda dari kesedihan.

Anda bisa menceritakan dan mencurahkan rasa sedih yang dirasakan pada orang tua, saudara atau sahabat baik anda. Orang-orang yang disebutkan tadi pasti akan selalu bersedia untuk meluangkan waktu mereka yang berharga untuk anda orang yang mereka sayangi.

  1. Coba Kegiatan Baru

Ambil kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru, yang bisa membuat anda melupakan rasa kesedihan. Contohnya anda bisa berekreasi ke destinasi liburan yang belum pernah dikunjungi. Mencoba hal baru akan menambah pengalaman pada diri dan menambah pelajaran berharga dalam hidup kita.

 

 

sumber: https://hellosehat.com/mental/stres/cara-mengusir-sedih-galau/

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?