(022)-5401-334 mail@pantiyatim.or.id
Home » Artikel » Jadikan Ridho Allah Sebagai Tujuan Hidup Untuk Mencapai Kebahagiaan

Jadikan Ridho Allah Sebagai Tujuan Hidup Untuk Mencapai Kebahagiaan

by | Dec 18, 2021 | Artikel | 0 comments

Tujuan hidup setiap orang itu berbeda-beda. Tujuan hidup merupakan apa yang seseorang rencanakan untuk kehidupan hari ini, esok hari dan yang akan datang. Pengertian tujuan hidup menurut para ahli adalah proses menetapkan identitas diri yang dimiliki seseorang.

Dengan kata lain, kita bisa mengatakan seseorang yang mempunyai tujuan hidup adalah mereka yang memiliki identitas diri yang kuat untu menjalani kehidupan sehari-hari. Di masa modern saat ini, individu yang telah mengetahui tujuan hidupnya secara jelas telah memenuhi kriteria utama dalam menuju kehidupan yang bahagia dan haqiqi.

Kita sebagai seorang muslim juga harus mempunyai tujuan hidup selama berada di dunia. Lebih jauh lagi tujuan hidup seorang muslim tidak hanya mencangkup urusan dunia tetapi juga urusan akhirat. Karena tempat akhir semua manusia hanyalah surga atau neraka.

Untuk mencapai surga, tujuan hidup seorang muslim harus sesuai dengan yang diinginkan oleh Allah SWT. yakni hanya beribadah kepada-Nya dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan begitu Allah akan memberikan Ridho-Nya kepada hambanya.

Karena ketika Allah sudah ridho, apapun permintaan hambanya pasti akan Ia kabulkan termasuk kehidupan yang bahagia selama di dunia dan akhirat. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan ridho Allah SWT? berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan:

  1. Iman Kepada AllahDan Berpegang Teguh Kepada-Nya

Dengan beriman kepada Allah SWT, bahwasannya kita sebagai seorang muslim harus benar-benar meyakini dengan adanya Allah dan apa yang diciptakannya. Selalu berpegang teguh kepada Allah SWT. agar kehidupan kita selalu berada di dalam petunjuknya, sebagaimana Firman-Nya,

وَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنْتُمْ تُتْلَىٰ عَلَيْكُمْ آيَاتُ اللَّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ ۗ وَمَنْ يَعْتَصِمْ بِاللَّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Yang artinya: “Barangsiapa berpegang teguh kepada agama Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya dia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (Q.S. Ali Imran ayat 101).

2.taat kepada allah dan rasulnya

Ketaatan seorang hamba pada Rabb-Nya diwujudkan dalam takwa. Patuh melaksanakan segala perintah-Nya, dan meninggalkan segenap larangan-Nya. ketaatan kepada Allah ini juga harus disertai ketaatan kepada Rasulullah sebagaimana Firman-Nya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan muslim.” (Q.S. Ali Imran ayat 102).

  1. Mendamaikan Mukmin Yang Berselisih

Berselisih sangat merugikan bagi individu maupun kelompok. Karena hal itu dapat membuat perpecahan yang jika dibiarkan akan menimbulkan dampak yang lebih parah lagi. Dalam suatu surat Allah SWT. menerangkan kepada hamba-Nya bahwa semua umat muslim itu bersaudara dan memerintahkan hamba-Nya untuk mendamaikan sesama saudara,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (Q.S. Al-Hujurat ayat 10).

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendapat ridho Allah SWT. mudah-mudahan apapun yang kita lakukan selama di dunia dapat menghantarkan kita kedalam surga-Nya. Amiin Yaa Rabbal Alamin.

Sumber: https://khj.ac.id/apa-itu-tujuan-hidup-dan-bagaimana-mencari-tujuan-hidup/

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?