fbpx

Perbedaan Zakat, Infaq dan SedekahAgama manapun pasti menyeru pengikut nya untuk berbuat baik, terutama agama Islam. Islam mengajarkan untuk saling membantu dan berbagi. Sesuai dengan bunyi QS. Al-Baqarah : 3) yang artinya “yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa di setiap rezeki yang kita peroleh terdapat hak orang lain yang harus kita keluarkan kepada yang berhak seperti zakat, infak, sedekah. Lalu apa perbedaan antara zakat, infak dan sedekah ?

Zakat

Zakat hukumnya wajib dan termasuk dalam rukun Islam. Zakat yang dikeluarkan sama wajibnya seperti kewajiban kita untuk sholat, puasa dan haji bagi yang mampu. 

Manfaat berzakat berdasarkan pada firman Allah SWT, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. At-Taubah : 103).

Dalam zakat juga terdapat berbagai macam istilah yang harus kita ketahui. Di antaranya istilah untuk orang-orang yang terlibat di dalam kegiatan berzakat. Orang yang mengeluarkan zakat disebut muzakki dan yang menerima zakat disebut mustahiq. 

Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah

Ada 8 (delapan) golongan yang berhak menerima zakat, biasanya golongan ini disebut asnaf. Delapan golongan itu seperti:

  1. Fakir (orang yang tidak mempunyai harta dan tenaga untuk memenuhi kehidupannya)
  2. Miskin (orang yang tidak berkecukupan)
  3. Amil (semua pihak yang berkaitan dan bertindak dalam berzakat termasuk di dalamnya kegiatan pengumpulan, penjagaan, pencatatan, dan penyaluran atau distribusi harta zakat)
  4. Mualaf (sebutan bagi non-muslim yang sudah memeluk agama Islam)
  5. Gharimin (orang yang berhutang untuk kepentingan sosial, walaupun orang tersebut termasuk ke dalam golongan mampu)
  6. Riqab (hamba sahaya atau budak)
  7. Ibnu Sabil (musafir dan para pelajar yang merantau)
  8. Fi Sabilillah (pejuang di jalan Allah SWT)

Nah, dari jenisnya, zakat itu terbagi jadi 2 (dua) jenis, ada zakat fitrah dan ada zakat maal. Zakat fitrah itu dikeluarkan setiap bulan ramadhan dan zakatnya dibayarkan sebelum shalat Idul Fitri, dan jika zakat maal di laksanakan setahun sekali jika harta sudah mencapai nisab.

Perbedaan Zakat, Infak dan Sedekah

Infaq

Adapun infaq yaitu mengeluarkan atau membelanjakan harta yang mencakup zakat dan non-zakat. Infaq ada yang wajib ada yang sunnah. Infaq wajib diantaranya kafarat, nadzar, zakat dll. Infak sunnah di antaranya infaq kepada fakir miskin sesama muslim, infaq bencana alam dll.

Berbeda dengan zakat, dana infaq dapat diberikan kepada siapapun meskipun tidak termasuk dalam delapan asnaf. Adapun balasan bagi orang yang berinfaq dan bershadaqah antara lain disebutkan seperti di hadist ini:

Dari Abu Huraira radhiyallahuanhu, ia berkata : “Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bersedekah dengan sebiji korma yang berasal dari usahanya yang halal lagi baik (Allah tidak menerima kecuali dari yang halal lagi baik), maka sesungguhnya Allah menerima sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya kemudian Allah menjaga dan memeliharnya untuk pemiliknya seperti seseorang di antara kalian yang menjaga dan memelihara anak kudanya. Hingga sedekah tersebut menjadi sebesar gunung.” -Muttafaq’alaih.

Sedekah

Sedekah adalah segala kebaikan yang kita lakukan dan maknanya lebih luas dari zakat dan infak. Sedekah dapat bermakna infak, zakat dan kebaikan non-materi. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah saw memberi jawaban kepada orang-orang miskin yang cemburu terhadap orang kaya yang banyak bersedekah dengan hartanya, beliau bersabda:

“Setiap tasbih adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap tahmid shadaqah, setiap tahlil shadaqah, amar ma’ruf shadaqah, nahi munkar sedekah dan menyalurkan syahwatnya pada istri juga sedekah”.

Termasuk juga menurut Hadis Nabi, senyum yang tulus ikhlas dan kata-kata yang baik itu sebagai satu bentuk shadaqah. Demikian pula memberikan kebahagiaan kepada orang lain dalam bentuk apapun yang diridhai Allah adalah perbuatan shadaqah. Dengan demikian secara umum shadaqah bermakna semua kebajikan atau kebaikan yang mengharap ridho Allah SWT.

itulah perbedaan zakat infaq dan sedekah. Semoga bermanfaat

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?