fbpx

“SEDEKAH”. Hendaklah diingat, bahwa Allah akan tetap menguji kita untuk mengeluarkan sedekah walaupun kita dalamkeadaan susah. Kita tidak perlu khawatir, karena sedekah tidak akan mengakibatkan kemiskinan, tetapi sebaliknya Dia yang maha kaya akan menggantinya dengan rezeki yang lebih baik. Tidak ada orang yang jatuh miskin lantaran sedekah.

“Yaitu orang-orang yang menfakahkan hartanya, baik diwaktu lapang maupun diwaktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”.
Q.S Al-imran(3) : 134

Sedekah dapat memperpanjang usia, hal ini dikisahkan dalam hadits Rasulullah Saw. Sebagai berikut :
Seorang yahudi berpapasan dengan Rasulullah, lalu ia berkata, “Assamu’alaika!” (Celakalah engkau Muhammad). Nabi pun Menjawab : “Wa’alaika!”(dan juga Kamu). Para sahabat nabi berkata ,”sesungguhnya dia telah mengucapkan salam kematian kepada engkau.” Nabi Saw berkata, “Aku telah menjawab dengan jawaban demikian juga untuknya,” kemudian Nabi berkata lagi kepada para sahabatnya, “ sesungguhnya orang yahudi itu akan digigit ular di tengkuknya, kemudian dia akan mati.” Selang beberapa waktu, yahudi itu berjalan sambil membawa setumpuk kayu bakar. Itu berarti dia tidaklah mati sebagaimana dikabarkan oleh Nabi. Rasulullah berkata kepadanya,”Letakanlah kayu itu!” maka Yahudi itupun meletakan kayunya. Setelah dibuka, di dalam kayu tersebut ternyata ada seekor ular sedang mengigit kayu. Nabi bersabda : Hai Yahudi, amalan apa yang telah engkau lakukan hari ini?” Orang Yahudi itu menjawab, “Aku tidak melakukan apa-apa, kecuali aku dating dengan membawa kayu bakar ini, dan aku mempunyai dua potong roti, yang satu potong aku makan, sedangkan yang satu potong lagi aku sedekahkan kepada orang miskin.” Rasulullah Saw, kemudian bersabda : “dengan sedekah itulah Allah menghindarkan kematian dari engkau.”Beliau juga bersabda : “Sesungguhnya sedekah dapat menolak kematian yang buruk di manusia.”

Sayidina Ali bin Abi Thalib r.a Berkata :

“Allah swt mengistimewakan sebagian para Hamba-nya dengan anugrah kekayaan darinya guna dapat dinikmati juga oleh Hamba-hambanya yang lain. Maka iapun membiarkan harta itu ditangan mereka (Orang-orang kaya) selama mereka mau menggunakannya untuk kepentingan orang banyak. Tetapi jika mereka menggunakannya untuk diri sendiri, niscaya ia mencabutnya dari mereka dan memindahkannya kepada orang lain.”

Allah yang maha kaya dan maha pemurah berfirman :

Ingatlah bahwa ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (harta yang ada dalam genggaman tanganmu) pada jalan Allah. Siapa yang kikir, sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Jika kamu berpaling (enggan menafkahkan hartamu) maka ia akan mengganti kamu dengan kaum yang lain (yang diberinya rezeki) lalu mereka tidak akan seperti kamu.
Q.S Muhammad (47) : 38


“Bukanlah suatu yang mengherankan, seorang yang Fakir mencintai orang yang suka berbuat baik kepadanya;
Tetapi yang mengherankan, seorang yang baik justru mencintai si Miskin Papa.”1

1. Bahan Renungan Kalbu

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?