fbpx
Home » Artikel » Tips Memilih Hewan Qurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

Tips Memilih Hewan Qurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

by | Jun 11, 2024 | Artikel, program, Sosial | 0 comments

Ibadah qurban adalah salah satu momen penting dalam Islam yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha. Salah satu aspek terpenting dari ibadah ini adalah memilih hewan qurban yang sehat dan sesuai dengan kriteria syariat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih hewan qurban yang tepat:

1. Memastikan Kesehatan Hewan

Hewan qurban harus dalam kondisi sehat. Tanda-tanda hewan yang sehat antara lain memiliki mata yang cerah, bulu yang bersih dan berkilau, serta tidak terdapat luka atau penyakit kulit. Hindari memilih hewan yang terlihat lesu atau tidak aktif, karena itu bisa menjadi indikasi penyakit.

2. Memeriksa Usia Hewan

Usia hewan sangat penting. Untuk sapi dan kerbau, usia minimal yang memenuhi syarat adalah dua tahun. Sedangkan untuk kambing atau domba, usia minimal adalah satu tahun. Anda dapat meminta penjual untuk menunjukkan bukti usia atau memeriksa tanda-tanda fisik yang menunjukkan usia hewan.

BACA JUGA:

Arisan Qurban Yang Kini Banyak Dilakukan Masyarakat, Apa Hukumnya?

Qurban, PYI Aja

3. Memeriksa Kondisi Fisik

Periksa kondisi fisik hewan secara keseluruhan. Hewan qurban harus memiliki tubuh yang proporsional, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Hewan yang terlalu kurus mungkin tidak memiliki cukup daging untuk dibagikan, sedangkan hewan yang terlalu gemuk mungkin memiliki masalah kesehatan.

4. Memeriksa Gigi Hewan

Gigi hewan juga merupakan indikator penting. Hewan yang sehat memiliki gigi yang kuat dan lengkap. Gigi yang patah atau hilang bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu dihindari.

5. Hindari Hewan yang Cacat

Hewan qurban harus bebas dari cacat fisik. Hindari hewan yang memiliki tanduk patah, ekor terpotong, atau kaki pincang. Hewan dengan cacat fisik tidak memenuhi syarat untuk dijadikan qurban.

6. Membeli dari Sumber Terpercaya

Pastikan Anda membeli hewan qurban dari sumber yang terpercaya. Penjual yang memiliki reputasi baik cenderung menyediakan hewan yang sehat dan sesuai dengan kriteria syariat.

BACA JUGA:

Perbedaan Qurban dan Aqiqah, Mana Yang Di Dahulukan?

Qurban, PYI Aja

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa hewan yang Anda pilih sesuai dengan syariat dan dalam kondisi sehat. Ini tidak hanya memastikan ibadah qurban Anda sah, tetapi juga memberikan daging yang berkualitas untuk dibagikan kepada yang membutuhkan.

Untuk memastikan hewan qurban anda sehat dan sesuai stariat, Anda dapat menunaikannya melalui Laznas PYI Yatim dan Zakat. PYI memastikan bahwa setiap proses, mulai dari pemilihan hewan hingga penyaluran daging, dilakukan sesuai syariat Islam. Ayo, berqurbanlah melalui PYI atau kunjungi https://sedekah.pantiyatim.or.id/qurban dan jadikan momen ini sebagai wujud cinta dan kepatuhan kepada Allah SWT, serta kepedulian kepada sesama.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?