fbpx

DERMAWAN -, Bukti keluhuran budi seorang dermawan manusia dilihat dari kemampuannya untuk melepaskan diri dari ego hawaninya, lalu terpanggil untuk berderma kepada pihak yang membutuhkan. Allah Swt telah mentakdirkan adanya keterpautan rezeki antar manusia. Keterpautan ini memberi peluang kepada mereka yang kekurangan.

Kemuliaan sikap ini tak dapat diragukan lagi, sebab, ia merupakan kepanjangan dari sifat mulia Allah Swt yang harus ditiru manusia, yakni Maha Pemurah.

Hampir semua ciri orang yang disanjung oleh Allah Swt dalam Al-Qur’an memiliki sifat Dermawan. Bahkan Allah telah menjamin bahwa orang-orang dermawan akan menjadi orang-orang yang beruntung.

Allah SWT, berfirman :

            Artinya : “….Dan siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S Al-Hasyr: 9)

Tantu, masih banyak contoh akhlak mulia yang semestinya menjadi ciri khas manusia beriman dan harus selalu dikuatkan. Semoga dengan berhias akhlak mulia yang sesuai dengan bimbingan yang maha mulia, kita benar-benar menjadi hamba yang meraih kemuliaan di sisi Allah SWT. Wallahu a’lam bish-shawab.

“Sedekah Adalah Pintu Gaib untuk Menambah Rezeki”

 

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?