fbpx
Home » Artikel » Doa Bulan Rajab yang Di Contohkan Rasulullah, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Doa Bulan Rajab yang Di Contohkan Rasulullah, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

by | Jan 16, 2024 | Artikel, Motivasi | 0 comments

Bulan Rajab merupakan salahsatu bulan yang mulia dalam Islam, mengundang kita untuk merenung dan memperkaya hubungan spiritual dengan Allah SWT. Seiring awal bulan Rajab yang jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024, menandai awalnya bulan penuh berkah ini dalam kalender Hijriah.

Rasulullah Saw memberikan penekanan khusus pada pentingnya berdoa dibulan Rajab. Dalam sabda-Nya, Rasulullah menjelaskan:

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

“Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fithri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya’ban.”

Bunyi Doa Bulan Rajab

Salah satu Doa yang sering Rasulullah amalkan yaitu:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Arab-latin: Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya’bâna waballighnâ ramadlânâ.

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Doa ini menjadi titik fokus spiritual bagi umat Islam. Karena memperbanyak doa atau memohon dibulan Rajab mendapatkan peluang besar untuk dikabulkan Allah SWT.

BACA JUGA:

Panduan Praktis: Bayar Fidyah Pakai Uang dan Beras

Membayar Fidyah sebelum Puasa Ramadhan dan Menunaikan Zakat Fitrah

Dengan mengingatkan diri kita pada bulan ini, kita diarahkan untuk mendekatkan diri pada Allah dan menggali keutamaan yang terkandung dalam setiap momen.

Perjalanan spiritual dibulan Rajab bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga kesempatan untuk menemukan kedamaian batin. Keberkahan bulan ini melampaui sekadar puasa. Menciptakan ruang bagi umat Islam untuk merenung, berserah diri, dan memperdalam hubungan spiritual dengan Sang Pencipta.

Mengingat kebesaran dan keberkahan bulan Rajab, mari kita sambutnya dengan hati yang penuh keikhlasan. Memahami bahwa doa-doa yang kita panjatkan selama bulan ini adalah jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih berkah yang melimpah.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?