fbpx
Home » Artikel » Qurban atau Udhiyah Dengan Hadyu: Apa Perbedaan dan Persamaan diantara Ke Tiganya

Qurban atau Udhiyah Dengan Hadyu: Apa Perbedaan dan Persamaan diantara Ke Tiganya

by | May 30, 2024 | Artikel | 0 comments

Qurban atau udhiyah dan hadyu adalah dua istilah yang sering dikaitkan dalam konteks pengorbanan hewan dalam Islam. Qurban atau udhiyah adalah bentuk pengorbanan hewan yang dilakukan oleh umat Islam pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik. Hal tersebut sebagai bentuk syukur dan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Qurban atau udhiyah umumnya dilakukan dengan menyembelih hewan seperti sapi, domba atau kambing dan kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sementara itu, hadyu adalah bentuk pengorbanan hewan yang dilakukan oleh orang yang hendak menunaikan ibadah haji di Mekah. Dalam konteks ini, hadyu biasanya berupa sapi atau kambing yang disembelih di Mekah dan kemudian dagingnya dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Harga hewan Qurban di PYI

Meskipun terdapat perbedaan dalam konteks pelaksanaannya, qurban atau udhiyah dan hadyu pada dasarnya memiliki tujuan yang sama. Yaitu sebagai bentuk pengorbanan dan pengabdian kepada Allah SWT.

Selain itu, keduanya juga memiliki nilai sosial yang penting karena daging hasil pengorbanan tersebut dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Sehingga dapat membantu mengurangi ketidakadilan sosial dan kemiskinan.

Dari segi hukum pelaksanaannya Udhiyah hukumnya sunah muakkadah (menurut Syafi’i dan Hambali) dan wajib bagi yang mampu (menurut Hanafi dan Maliki). Sedangkan al hadyu hukumnya tidak wajib (sunah atau boleh).

Dengan mengetahui hal di atas diharapkan tidak salah dalam memahami kurban wajib dan kurban sunah. Ketika terdapat seseorang menyatakan bahwa kurban itu wajib bagi orang yang sedang haji. Hal itu yang dimaksud adalah alhadyu bukan udhiyah (kurban yang dipahami kita selama ini). Al hadyu wajib karena merupakan dam atau denda khusus terkait pelaksanaan haji yang dilakukan secara qiran atau tamattu’.

Harga hewan Qurban di PYI

Tunggu apalagi! Mari daftarkan diri Anda sekarang dan jangan lewatkan kesempatan ini untuk beramal sekaligus meraih pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Hubungi nomor telepon PYI yang tertera di website kami dan jadilah bagian dari kebaikan yang membawa manfaat bagi sesama. Ayo, segera bergabung dengan PYI untuk BERQURBAN!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?