(022)-5401-334 mail@pantiyatim.or.id
Home » Artikel » Al-Khawarizmi, Sang Penemu Angka nol dan Aljabar

Al-Khawarizmi, Sang Penemu Angka nol dan Aljabar

by | Jun 10, 2021 | Artikel, Fakta dan Realita, Motivasi | 0 comments

Matematika merupakan ilmu tentang kuantitas, struktur, ruang, dan ilmu hitung. Secara singkat, Matematika dapat dikatakan sebagai ilmu berpikir dan bernalar. Salah satu cabang ilmu Matematika adalah aljabar. Berdasarkan sejarah, ilmuwan muslim bernama Muhammad bin Musa Al Khawarizmi adalah tokoh penting dalam perkembangan ilmu matematika, karena beliau merupakan penemu aljabar dan penemu angka nol.

Biografi Singkat Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi memiliki nama lengkap Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi. Ilmuwan ini lahir di sebuah kota kecil bernama Khawarizm yang amat terkenal di Uzbekistan tahun 780M. Namun, Al-Khawarizmi lebih dikenal dengan sebutan Algoritm, Algorismus, atau Algoritma oleh para ilmuwan Barat dan Eropa.

Ilmuwan muslim ini memperkenalkan aljabar dan hisab. Al-jabar adalah karya pertama Al-Khawarizmi berupa buku yang membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Aljabar adalah cabang Matematika yang menggabungkan angka rasional, irasional, dan magnitude geometris yang menjadi objek-objek dalam aljabar. Khawarizmi juga berperan dalam pengembangan tabel sinus, cosinus, dan trigonometri. Selain dikenal sebagai bapak aljabar, Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai penemu angka nol.

Selain menjadi seorang ahli Matematika, Al-Khawarizmi juga ahli dalam bidang ilmu, seperti astronomi, musik, filsafat, geografi, dan kimia. Sejak kecil, Khawarizmi tinggal di Selatan kota Baghdad. Di Baghdad ia menjadi anggota di Bayt Al-Hikmah, yaitu lembaga penerjemah, pusat penelitian ilmu pengetahuan, dan perpustakaan besar yang didirikan oleh Harun Al-Rasyid.

Sepanjang hidupnya, Al-Khawarizmi mengabdi dalam bidang pendidikan dan riset ilmiah. Hal itu membuatnya mahir menguasai bahasa-bahasa dan menerjemahkan buku. Berkat kecintaannya terhadap dunia pendidikan, ia berhasil membuat banyak karya. Salah satu karya terbesarnya adalah Aljabar.

Buku yang ia tulis berjudul Al-kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa’l-muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing) menjadi dasar dalam pembelajaran aljabar Ilmu Matematika.

Penemuan Angka Nol

Tak berhenti di sana, beliau juga menemukan angka nol (0) yang ia perkenalkan dalam kitab berjudul Al-Jam’a wa Al-Tafriq bi Al-Hisab Al-Hindi. Kecerdasan Kawarizmi membuat banyak ilmuwan barat, salah satunya Copernicus terpengaruh terhadap teori yang dikemukakan oleh Al-Khawarizmi.

Di penghujung usianya, yaitu di tahun 850 M, ia berhasil mewariskan ilmu yang bermanfaat bagi dunia, terutama bagi bidang Matematika.

Itulah kisah Al-Khawarizmi, penemu angka nol dan bapak Aljabar dunia. Kisah Beliau dapat menjadi motivasi bagi kamu yang sedang menekuni Ilmu Matematika.

Source: Instagram @Syeikh.jalal

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.