fbpx

Panti yatim santuni anak yatim dihari kebahagiaan, bertepatan dengan tanggal 10 Muharram (Asyura) sebenarnya bukan hari raya sebagaimana hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Istilah Idul Yatama hanya sebagai ungkapan kebahagiaan bagi anak-anak yatim.

Alasannya pada tanggal tersebut, banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka. Karena pada tanggal tersebut, Nabi Muhammad SAW menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya.

Seperti yang dikatakan Adang Wijaya selaku Direktur Oprasional PYI Yatim dan Zakat dalam wawancaranya “Salah satu momen yang sering dijadikan sarana berbagi rezeki pada anak yatim yaitu pada 10 Muharram yang dikenal sebagai Lebaran anak yatim”.

“ Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak yatim pada hari tersebut. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram). Untuk memanfaatkan momen tersebut kami mengadakan berbagai macam kegiatan untuk memberikan kebahagiaan kepada anak yatim. Kegiatan tersebut dilaksanakan disetiap Asrama PYI Yatim dan Zakat diseluruh Indonesia yang diikuti oleh anak yatim yang tinggal diasrama maupun dilingkungan sekitar asrama”, Lanjut Adang.

Dilain tempat salahsatu pengurus Asrama PYI Yatim dan Zakat, Koswara, menyampaikan “Lebaran Yatim kali ini kami mengadakan acara mulai dari Do’a bersama untuk para donatur, tilawah bersama, santunan yang berbentuk sembako, abon, dan uang saku untuk mereka, hingga menggelar berbagai macam perlombaan seperti, pidato, tahfidz quran, mewarnai dan perlombaan lainnya.

“Dengan diadakannya acara tersebut kami berharap, dapat menumbuhkan rasa syukur kepada Allah Swt, serta menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak yatim yang berada diasrama maupun disekitar asrama. Sehingga dapat berguna dimasa depan untuk kesuksesan dan kebahagiaan mereka”, lanjut Koswara.

Dalam acara tersebut, para peserta terlihat antusias saat mengikuti kegiatan tersebut terbukti dengan adanya tanggapan yang disampaikan oleh salahsatu peserta yang mengikuti semua perlombaan yang telah disiapkan. “Saya sangat senang bisa mengikuti lebaran yatim ini, dan kami ucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan donasinya, serta PYI yang telah mengadakan acara ini. Saya berharap semoga Allah memberikan kesuksesan kepada donatur, PYI, saya sendiri beserta teman-teman semua” Ungkap Amirullah (13 Thn).

Open chat
Assalamualaikum
ada yang bisa dibantu?